ABANG NONE DKI JAKARTA 2018




Kontes Pemilihan Abang None Jakarta merupakan event tahunan yang sangat cukup diminati para kaum muda ibu kota. Event ini sudah Berlangsung cukup lama sekali, untuk pastinya sih saya tidak begitu tahu, tapi kalo ngintip mbah google sih kira-kira udah berlangsung sejak tahun 1968 (wow sudah lama sekali)

Kira-kira kali ini saya mau cerita tentang apa ya?? kok tiba-tiba membahas tentang Abang None, tapi yang pasti saya bukannya kepingin ikutan ajang Abang None loh. Singkat cerita, suatu hari saya mendapatkan tawaran yang sangat menarik dan sekaligus menguji mental dan keberanian saya. 

Perusahaan Aplikasi Yors menawarkan saya untuk join bersama mereka dalam Ajang Abang None Jakarta 2018 sebagai team Makeup Artist, Jujur bagi MUA freelancer seperti saya yang masih sangat sangat sangat pemula, tawaran ini adalah tawaran yang sangat menarik sekaligus menguji mental serta kualitas yang ada dalam diri saya (hmm..jadi serius yaa) ya intinya saya tanpa basi basi menerima langsung tawaran ini karena saya juga ingin mengetahui sejauh mana kualitas yang ada dalam diri saya. 

Klo boleh Jujur sih lumayan deg degan juga sih, dan saya langsung mencari tahu seperti apa make up serta hair do untuk None khususnya (karena abang tidak terlalu ribetlah ya). Pihak Yors juga sebenarnya sudah menshare kepada saya apa-apa saja yang perlu saya ketahui dan persiapkan. 

Ternyata tidak begitu banyak tersedia di youtube maupun instagram tutorial make up maupun cepol None (hair do yang digunakan None). Sekilas mungkin terlihat mudah dan simple, ternyata pembuatannya ada pakemnya tersendiri dan harus sesuai, terlebih tidak menggunakan cepol palsu, melainkan menggunakan rambut asli si None (waduuh sempet stress klo-klo dapet none rambutnya nanggung atau bahkan pendek).


Ondel-ondel Betawi


Singkat cerita sehari sebelum harinya, saya sudah diberitahukan Abang dan None mana yang nantinya akan saya handel. Untuk None saya dapat perwakilan dari None Jakarta Pusat, namanya None Nadira Siregar dan untuk Abang perwakilan dari Jakarta Selatan, namanya Abang Dwi Graha Pangestu.

Prosesi Makeup None











Make Up & Hair do None

Untuk riasan mata, saya menggunakan warna aman (main aman) coklat muda sebagai warna transis, dan coklat tua untuk sudut lalu untuk di central saya aplikasikan eye shadow liquid gliter gold (karena none minta dibuat agak jedar). Tidak lupa saya membingkai mata bawah dengan warna coklat dan silver dan juga agak terlihat fresh ujung mata saya beri 'belek artis' dengan menggunakan eye liner pinsil warna silver dengan ditimpa eyes hadow warna yang sama.

Untuk riasan pipi saya mengunakan warna shocking pink dan dicampur dengan warna pink muda serta coklat muda (contour yang paling terang). 

Bagian alis, saya hanya menyisir alis agar lebih rapih dan kemudian saya isi dengan pinsil alis, namun tidak saya bingkai atau bentuk karena alis none sudah terbentuk dan tebal.

Untuk riasan bibir, merupakan harga mati setiap para None diharuskan menggunakan lipstick merah jedar. Warna bibir baru bisa dirubah pada saat None munggunakan gaun malam.

Detail untuk riasan mata None.

Untuk Riasan rambut, biasanya none menggunakan sanggul cepol, dan menggunakan rambutnya sendiri. Untuk pembuatannya tidak asal cepol, ternyata ada pakemnya (aturan khususnya) dan pada umumnya None sudah bisa melakukan sendiri.

Cepol harus pas terletak di tengah dan diukur dengan jarak dari jidat 1 ruas tangan kita, dan cepolannya hanya sekepalan tangan kita (tidak boleh kebesaran). 


Tutorial membuat Sanggul Cepol None :

mula-mula rambut disisir rapih kebelakang, setelah itu beri sedikit sasakan dibagian depan rambut, agar tidak terlalu kempis /  rata. 


Ikat rambut kebelakang dan tarik agak tinggi tepat ditengah-tengah kepala, dengan jarak satu ruas tangan kita dari jidat.


Setelah rambut diikat tepat ditengah-tengah, beri sedikit sasakan pada rambut yang sudah dikuncir tadi dan kita gunakan hair net untuk menutup rambut kuncir yang sudah disasak (menggunakan hair net agar mudah membentuk cepol).

Setelah kita lapisi dengan hair net, rambut langsung kita gulung membentuk cepol sebesar kepalan tangan kita (tidak kurang dan tidak lebih). Setelah terbentuk langsung dijepit dengan hair pin.

Tepat dibagian kanan kiri tepat diatas telinga, harus ada 'Sigar' ( anak-anak rambut agak ditarik kebawah hingga menutupi setengah kuping. Dibagian belakang rambut, harus dibentuk agak menggembung, biasa disebut dengan 'Buntut Bebek'

Untuk tahap akhir, rambut sanggul cepol tersebut diberi  hiasan roja melati. Walaupun nantinya sanngul cepol ini tertutup oleh kerudung, namun para None diwajibkan untuk menyepol rambutnya dengan pakem-pakem yang sudah ditentukan.



Make up & Hair do Abang 

Untuk riasan Abang, saya hanya menggunakan foundation dan bedak compact saja. Bagian alis disisir dan dirapihkan saja. sesimple itu makeup untuk abang, karena yang terpenting wajah abang terlihat fresh dan tidak kusam saat lampu-lampu dipanggung menyorot para abang.

Prosesi Make up Abang Aga



Make up Abang by @makeuphairdorebecca



Finalis Abang None DKI Jakarta 2018
(Abang Aga dan None Nadira Siregar)


makeup & hair do by makeuphairdorebecca


Komentar

Postingan Populer