Kelas Makeup hari pertama

Dihari pertama kelas makeup, saya diajarkan bagaimana caranya mengaplikasikan soft makeup yang bisa digunakan sebagai makeup sehari-hari atau makeup di pagi hari..



ini adalah hasil makeup dari guru saya saat mencontohkan pengaplikasian soft makeup di wajah model. Sambil mencontohkan, iapun menjelaskan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat mendandani model. Seorang perias harus selalu berada di posisi sebelah kanan model / klien (istilah profesionalnya) dan tidak lupa untuk selalu melihat ke arah cermin / kaca agar dapat melihat hal-hal apa saja yang kurang atau terlalu  berlebihan dalam pengaplikasian makeup.

Seorang perias juga sangat amat dilarang untuk medaratkan tangan kirinya diatas kepala model / klien pada saat sedang mendandaninya.
Dan yang paling utama dari semuanya adalah, perias harus menjaga kehigienisan kosmetik dan alat makeupnya, jadi sangat disarankan demi kehigienisan tersebut baiknya seorang perias menggunakan masker pada saat melancarkan aksinya.


hmm.. ngoceh aja nih ya sedari tadi, baiklah saya akan paparkan urutan pengaplikasian makeup yang diajarkan di kelas makeup pertama ini :

  • Diharuskan untuk membersihkan wajah model / klien dengan pembersih wajah dan tonernya dan tidak lupa setelahnya, kita gunakan pelembab wajah
  • Rapikan alis model / klien jika dirasa sangat mengganggu pandangan mata / bentuknya sudah tidak bagus. Saya pun akhirnya diajarkan bagaimana cara mencabut, mencukur dan membentuk alis yang benar.
  • Pengaplikasian fondation / alas bedak. harus diperhatikan tone warna kulit model / klien, agar tidak salah memilih warnanya. baiknya memilih fondation / alas bedak satu tingkat diatas tone warna kulit model / klien. Fondation/ alas bedak sendiri ada beberapa jenis, padat dan cair. untuk soft makeup lebih baik menggunakan yang cair karena sangat ringan untuk wajah. ooh iyajangan sampai lupa untuk pengaplikasian fondation / alas bedak  harus merata hingga leher, agar tidak belang.
  • Pengaplikasian consiler, kita juga bisa menggunakan fondation / alas bedak yang tonenya warnanya lebih terang dari yang kita gunakan diwajah model / klien. fungsi dari consiler sendiri adalah untuk menutupi bekas-bekasi jerawat, kantung mata dan membuat effect highlight. Biasanya kita mengaplikasikan consiler di kening, dibawah mata, di dagu, dicupit bibir atas, dan batang hidung (agar memberi dimensi pada saat shading hidung agar terkesan mancung).
  • Pengaplikasian loose powder keseluruh wajah hingga leher. fungsi dari loose powder ini adalah untuk mengikat atau menseting fondation / alas bedak diwajah kita, hmm gimana ya kalimat yang lebih menjabarkan maksud saya...*bingung*
  • Membuat shading baik di pipi maupun hidung dan juga jidat. Shading berguna untuk  menutupi kekurangan yang ada diwajah kita, seperti hidung yang kurang mancung,pipi yang tembem, jidat yang lebarnya bak lapangan bola dan rahang atau wajah yang lebar..hihihihi, semuanya dapat dibuat sempurna. kita bisa membuat hidung kita menjadi mancung, pipi tirus, rahang yang kecil dan jidat yang  proporsiaonal. saya sering melihat teknik shading ini kalau di youtube istilahnya itu contouring wajah. Shading yang digunakan untuk soft makeup ini baiknya adalah kontur luar (menggunakan shading berbahan powder).
  • Setelah kita mengkontur wajah, maka setelah itu kita akan berpindah kebagian mata. Saya memulainya dengan membentuk alis, dan ternyata sangatlah susah membuat alis di wajah model / klien, hasilnya tidak sama dengan bentukan alis yang sebelahnya. dan saya diwajibkan untuk latihan menggambar alis sebanyak mungkin. 
  • Sebelum mengaplikasikan eyeshadow di mata, kita baiknya menggunakan base eyeshadow, fungsinya agar warna dari eyeshadow itu keluar dan menjadi lebih hidup. dan baiknya juga kita membubuhkan loose powder pada bagian bawah mata, agar serbuk eyeshadow yang berjatuhan tidak mengotori wajah model / klien dan diakhir nanti loose powder itu disapu perlahan dengan menggunakan kuas.
  • Setelah pengaplikasian eyeshadow, riasan mata selanjutnya adalah membingkai wajah dengan eyeliner dan diusahakan bagian dalam mata juga tertutupi oleh eyeliner. 
  • Pengaplikasian mascara, bulu mata atas dan juga bawah.
  • Pemasangan bulu mata. Kita gunakan kembali eyeliner dan juga mascara.
  • Pengaplikasian blush on.
  • Pengaplikasian lipstick.  
  • dan diakhiri dengan pengaplikasian compac powder.
dan inilah hasilnya...tadaaaaaaa....


dan koreksi dari guru, adalah alis..so saya harus bekerja keras untuk membentuk alis yang sesuai, baik dan bagus bagi wajah model / klien, karena alis adalah bingkai wajah kita yang menyempurnakan bentuk wajah kita. kebayang dong riasan yang sudah bagus kalau alisnya gak sesuai dengan wajah atau bahkan kiri kanan beda..entah terlihat seperti apa kita... mengerikan bukan?? hahaha...






salam,

Ree..





x

Komentar

Postingan Populer